Kamis, 04 Februari 2010

it's all about choice

there ain't nonthing you can't do, if you convince it, you can achieve it

novel 5 cm yang pernah gue baca, pernah nulis bahwa sebenernya manusia itu ada dua yaitu manusia eksternal dan internal.
manusia eksternal - selalu menyalahkan keadaan, atas segala apa yang telah ia terima
manusia internal - melihat dulu apa yang salah dalam dirinya bukan lantas menyalahkan keadaan

kalo dari teori nya sih, yang baik udah ketauan juga kan,,
yah pastinya manusia internal,,tapi apa bisa?
terkadang gue sendiri lebih suka menyalahkan keadaan dibanding berkaca dengan diri gue sendiri. berat banget bagi gue ketika gue harus menyadari dan menerima dengan lapang dada bahwa ini kesalahan gue, ini resikonya dan itu harus gue terima.
yah berulang kali gue sangkutin kalimat itu ke dalam jiwa dan raga saya *hahah, lebay* ,tapi tetap gue masih kurang paham dalam menerima arti sebuah kekalahan.
gue terlalu lambat untuk membuka hati gue sendiri. hahahha

lantas yang bilang kita kalah itu sebenarnya siapa?
ya diri kita sendiri. kalau kita gag bilang kalah, kita gag akan pernah merasa apa itu namanya kekalahan, terlalu munafik buat membohongi diri kita sendiri, juur dan hadapi realitanya.

kehidupan adalah 10% yang terjadi pada dirimu dan 90% sisanya adalah bagaimana kamu menghadapinya. (5cm- donny dhirgantoro)

Tuhan telah memberikan kebebasan kepada kita untuk memilih apa kita akan bersikap negatif atau positif terhadap suatu keadaan. setiap manusia memang diberi kebebasan memilih. memilih di persimpangan kecil atau besar terhadap BIG PLAN yang telah diberikan oleh Tuhan kepada kita. jadi semuanya ke masalah pilihan.

drop atau bangkitkah kita? terus menangis dan menyalahkan keadaan - menyalahkan diri sendiri atau kita tatap dunia - tatap mimpi kita, masih banyak hal yang bisa kita lakukan, dan nantinya kebahagiaan itu juga akan datang.

sebenarnya kebahagian sejati kan memang ada di dalam hati kita sendiri, jadi gag perlu repot untuk mencarinya, pahami diri kita sendiri, pahami setiap kejadian yang terjadi di dalam kehidupan kita, lalu tersenyumlah, semua rencana indah sedang menunngu kita menjemputnya, kejar dan raihlah itu, satu kegagalan hanya kerikil kecil yang harus bisa kita lewati, harus, jangan biarkan diri kita terus terpuruk didalam nya terlalu lama, kesedihan gag akan merubah semuanya.

Tuhan memberikan kebebasan kepada kita untuk memilih. Tuhan menjaga ketidakjelasan-Nya, memberikan kita ketidakjelasan dan ketidakpastian, supaya kita terus belajar tentang semuanya,hingga akhirnya nanti, kita sendiri akan bermuara kepada-Nya.
jadi teruslah mencari, teruslah bertanya pada dri sendiri, teruslah menggali hingga kita bisa sedikit demi sedikit memperjelas apa yang tersirat dalam kehidupan ini.
gag ada kata menyerah, ini sebuah teka teki yang mau tak mau memang harus kita jalani, karena kita memang hanyalah seorang manusia.

yah semoga gue bisa selalu nerapin konsep ini dikala kegagalan bahkan kekalahan dan kesedihan nimpa hidup gue. amien

dibuat tanggal 8 agustus 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar